Kamis, 24 Januari 2013

Relief Harimau Di Candi Sanggrahan Tulungagung

Relief itu menggambarkan seekor harimau.Bentuknya cukup aneh karena tidak seperti sosok satwa harimau yang kita kenal pada umumnya. Relief unik itu terdapat di sebuah candi yang berada di daerah Boyolangu .
 
Ada yang Istimewa dengan daerah kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.  Karena di daerah yang bertopografi perbukitan ini banyak terdapat situs purbakala seperti Candi dan Gua dengan beraneka benda Purbakala.

Salah satunya adalah Candi Sanggrahan, yang berada di Dusun Sanggrahan , Desa Sanggrahan ,  sekitar 8 km dari Pusat Kota.

 
 Candi ini  berada pada daerah  pemukiman yang cukup subur. Tediri dari  tiga bangunan,yang sayangnya  masing – masing sudah tidak utuh lagi karena runtuh pada beberapa bagiannya.

Candi Sanggrahan merupakan Kompleks  percandian dengan  terdiri atas sebuah bangunan induk. Bangunan Utama  yang hanya tersisa bagian tengah dan bawahnya saja  ini berukuran panjang 12.60m lebar 9.05 m tinggi 5.86 cm.
Bangunan ini terdiri atas empat Tingkat yang masing – masing berdenah bujur sangkar dengan arah Atap menghadap ke Barat. Selain itu juga ada dua bangunan kecil lainnya  yang berada di sebelah  Timur 


Bahan yang digunakan dalam pembangunanya adalah Batu Bata dengan kombinasi batu andesit pada beberapa bagiannya.
Pada dinding batu andesit itu terdapat beberapa Relief bergambar satwa Harimau. Ada juga beberapa panil relief yang Polos tanpa Gambar apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar