Kamis, 24 Januari 2013

Kapten dituding sebagai penyebab karamnya Costa Concordia


- Costa Concordia
Sebanyak 32 orang tewas akibat kandasnya Costa Concordia di lepas pantai Italia.

Laporan resmi para ahli tentang tenggelamnya kapal pesiar, Costa Concordia, di lepas pantai Italia menuding kesalahan pada kapten kapal, Francesco Schettino.

Dia dituduh berlayar terlalu cepat dan terlalu dekat ke daratan.

Dalam laporan sepanjang 270 halaman, juga disebutkan bahwa para pejabat tinggi dari perusahaan pemilik kapal, Costa Crociere, yang bertugas dalam tim manajemen krisis tidak berhasil memahami situasi yang terjadi.

Sementara awak kapal tidak mendapat pelatihan yang baik dan tidak mengerti instruksi yang diberikan dalam bahasa Italia.

Kapal Costa Concordia kandas di atas batu di dekat Pulau Giglio pada 13 Januari 2012 setelah berlayar cukup dekat ke daratan. Sebanyak 32 orang tewas akibat insiden itu.

Pengadilan antara lain mendakwa Francesco Schettino dengan tindakan yang menyebabkan kematian dan meninggalkan kapal sebelum semua penumpang diselamatkan.

Schettino membantah dakwaan itu dan mengatakan jumlah korban jiwa akan lebih besar tanpa campur tangannya.

Costa membantah

Francesco Schettino Francesco Schettino meninggalkan kapal sebelum semua penumpang diselamatkan.

Delapan orang lain juga sedang diselidiki dan laporan dari tim ahli yang ditunjuk pengadilan ini bertujuan untuk menentukan apakah mereka harus dibawa ke pengadilan atau tidak.

Sebuah pernyataan dari penasehat hukum Costa Crociere membantah tuduhan laporan ini dengan mengatakan Schettino yang seharusnya memberi tahu insiden tersebut kepada pihak berwenang.

Mereka juga membantah bahwa para awak tidak siap dalam menghadapi keadaan darurat.

Bagaimanapun para penumpang yang selamat mengambarkan situasinya membingungkan sehingga memperlambat proses evakuasi dan banyak perahu penyelamat yang tidak bisa diturunkan setelah kapal miring ke satu sisi.

Sebanyak 4.200 penumpang melompat ke laut dan berhasil mencapai daratan dengan berenang sementara sebagian lain diselamatkan oleh kapal maupun helikopter penyelamat beberapa jam setelah kapal karam.

Beberapa penumpang mengatakan terkejut melihat Schettino sudah berada di daratan dan Schettino mengatakan dia membantu proses penyelamatan para penumpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar