Sabtu, 19 Januari 2013

Glass Beach, Pantai yang Tercipta oleh Tumpukan Sampah Gelas Selama Bertahun-Tahun

glass beach california fort bragg 2
Tidak ada yang akan mengira sebuah tempat yang dahulu merupakan tempat pembuangan sampah akan menjadi sebuah kawasan konservasi. Namun itulah yang terjadi pada Glass Beach, yang terletak di Fort Bragg, California, Amerika Serikat. 
Sekitar tahun 1906-1967, pantai ini dikenal sebagai tempat pembuangan sampah. Setelah gempa bumi dahsyat yang melanda daerah San Fransisco, jalanan dipenuhi dengan puing-puing bekas reruntuhan. Sebagian besar sampah dan puing-puing tersebut banyak yang dibuang ke laut. Tentu saja, dari banyaknya sampah yang dibuang terdapat sampah kaca.
Pada tahun 1967, pejabat pemerintah dan Pengawas Kualitas air kota California mulai menyadari bahwa pembuangan sampah di lautan adalah kesalahan dan berusaha untuk merelokasi pembuangan sampah jauh dari laut dan garis pantai. Namun, ombak laut yang menerjang pantai menyisakan sampah-sampah kaca yang berbentuk bulatan-bulatan halus, mengubah garis pantai menjadi penuh warna.
Saat ini Glass Beach merupakan area konservasi dan salah satu tempat wisata populer di California. Sayangnya, dengan bertambahnya jumlah pengunjung di tempat ini justru membuat permasalahan. Banyak dari pengunjung yang datang ke Glass Beach mengambil serpihan kaca-kaca dan membawanya pulang.

glass beach california fort bragg
Photograph by mlhradio on Flickr

glass beach california fort bragg 4
Photograph by Jeff Ponkanzer on Wikimedia Commons

glass beach california fort bragg 5
Photograph by Megan on Flickr


Photograph by Molly on Flickr

glass beach california
Photograph by Lee Rentz on Flickr

glass beach california fort bragg 3
Photograph by Jeff Ponkanzer on Wikimedia Commons

glass beach california fort bragg 7
Photograph by Mamojo on Flickr

glass beach california fort bragg 2
Photograph by John ‘K’ on Flickr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar