Kamis, 24 Januari 2013

Lagi-lagi, Pria Israel Bakar Diri

 
Yerusalem, - Lagi-lagi aksi bakar diri dilakukan seorang pria Israel. Pemuda berumur 21 tahun itu dilarikan ke rumah sakit di Yerusalem setelah membakar dirinya.

Tidak disebutkan identitas pria muda tersebut. Juga belum diketahui motif perbuatan nekat pria itu serta bagaimana kondisinya saat ini. Media Press TV, Selasa (25/9/2012) memberitakan, aksi bakar diri itu dilakukan di sebuah gedung apartemen di kawasan Sanhedria, Yerusalem pada Senin, 24 September tersebut.

Sejak Juli lalu, beberapa warga Israel telah tewas akibat aksi bakar diri. Aksi tersebut dilakukan sebagai protes terhadap ketidakadilan sosial dan tingginya biaya hidup di Israel. Pada Agustus lalu,
seorang nenek berumur 80 tahun tewas setelah membakar dirinya di rumahnya di Yerusalem.

Kemudian seorang pria Israel berumur 40 tahun dan seorang pria lainnya berumur 50-an tahun mencoba membakar diri mereka saat melakukan aksi protes atas kebijakan ekonomi rezim Israel. Namun aksi itu berhasil digagalkan oleh polisi.

Seorang pria Israel lainnya bernama Moshe Silman, tewas akibat luka-luka bakar yang dideritanya setelah melakukan aksi bakar diri. Saat aksi bakar diri itu, ditemukan kertas bertuliskan kritikan Silman terdahap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Dalam suratnya itu, Silman mencetuskan, "pemerintah Israel merampas semuanya dari saya dan tak meninggalkan apapun untuk saya."

Ada pula veteran tentara berumur 45 tahun, Akiva Mafa’i yang tewas usai membakar dirinya di sebuah halte bus di Kota Yehud sekitar 15 kilometer sebelah timur Tel Aviv. Sebelum melakukan aksinya itu, Mafa'i membacakan selembar surat yang isinya menyebut pejabat-pejabat Israel "mengambil dari yang miskin dan memberikannya pada yang kaya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar