Rabu, 14 November 2012

Perihal Tentang Anak, Sangat Berharganya Seorang Anak


Anak adalah harta tak ternilai bagi orang tua. Mommy pasti tahu dan setuju dengan pernyataan tersebut. Namun, cobalah berpikir sebaliknya, Mom! Apakah si kecil tahu bahwa dia sangat berharga di mata Mommy?
Lalu bagaimanakah caranya mengatakan kepada si kecil yang tentunya belum mengerti ungkapan tersebut? Pelukan dan ciuman hangat tentunya dapat menunjukkan betapa Mommy menyayangi si kecil. Namun masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan bahwa si kecil adalah seseorang yang berharga di mata Mommy.Mau tahu? Mommy simak saja beberapa tips bettermomtoday berikut.
• Memberikan pujian dalam aktivitas sehari-hari si kecil merupakan hal yang paling baik untuk membangun rasa percaya dirinya.
Bukan berarti menyanjung si kecil setinggi langit, tetapi memberikan pujian yang tulus saat si kecil telah berhasil belajar sesuatu. Pujian juga bisa berupa pelukan atau hadiah istimewa. Namun, Mommy perlu sedikit hati-hati tentang memberi si kecil hadiah. Jangan sampai motivasi yang tumbuh hanya karena si kecil menginginkan hadiah dari Mommy saja. Contoh kecil : Berikan pujian saat si kecil belajar memakai baju sendiri. Mungkin pertama kali dia akan memakai baju terbalik. Meskipun lucu lebih baik tidak menertawakannya, tetapi pujilah si kecil karena dia sudah berusaha. Katakan padanya dia cantik dengan baju tersebut, namun lebih cantik jika posisi baju dibalik ke arah yang benar. Dengan begitu si kecil merasa usahanya dihargai dan kesalahannya bisa diperbaiki tanpa harus si kecil merasa bodoh karena memakai baju terbalik.
• Panggil si kecil dengan nama mereka.
Sehingga si kecil merasa dihargai sebagai sesosok pribadi. Ada baiknya terangkan kepada si kecil apa arti namanya dan kenapa nama itu untuknya. Hubungkan dengan nama-nama anggota keluarga yang lain, sehingga si kecil merasa jadi satu bagian dalam sebuah keluarga dan keberadaannya merupakan sesuatu hal berharga di tengah keluarga Mommy.
• Ajari si kecil aktivitas untuk mandiri.
Memakai baju sendiri, sepatu sendiri, bahkan ikut menyiapkan makanannya sendiri. Mommy perlu mengajarkan si kecil sesuai dengan tahap usianya untuk mengerjakan hal-hal tersebut dan menumbuhkan rasa percaya diri bahwa dia bisa untuk melakukan sesuatu hal. Kepercayaan diri seperti ini kelak akan sangat dibutuhkan si kecil saat bergabung dalam pergaulan di sekolahnya nanti. Mommy perlu sabar, jangan terus menolong si kecil karena Mommy tidak melihat kemajuan yang berarti. Biarkan si kecil belajar sedikit demi sedikit sampai dia berhasil.
• Biarkan si kecil belajar membuat pilihannya sendiri.
Bukan berarti membiarkannya begitu saja untuk memilih segala sesuatu. Tetapi kalau memang Mommy merasa si kecil sudah siap, tuntunlah dia untuk mulai membuat pilihannya sendiri. Seperti baju warna apa yang si kecil suka, sepatu mana yang ingin dia pakai, sediakan juga hari-hari spesial dimana si kecil bisa memilih menu favoritnya dan kemudian memasaknya bersama-sama dengan Mommy. Hal ini akan menunjukkan bahwa Mommy menghargai kemampuan si kecil dan mendorongnya untuk melatih keterampilannya dalam mengerjakan sesuatu.
• Mendorong si kecil membuat photo album atau gambar tentang keluarga.
Rasa dicintai di dalam sebuah keluarga akan membuat si kecil memiliki rasa percaya diri untuk bergaul dan menjadi bagian dari sebuah komunitas yang lebih besar. Tolong si kecil untuk menambahkan cerita-cerita spesial tentang dirinya, tentang Mommy, tentang papa si kecil, atau tentang anggota keluarga yang lain. Biarkan si kecil menunjukkan kepada anggota keluarga yang lain, dan mintalah mereka untuk memberikan komentar positif atas apa yang dibuat si kecil.
Seorang anak yang merasa dihargai di rumah akan lebih baik dalam meresponi dunia luar. Lebih percaya diri dalam pergaulan, lebih percaya diri untuk belajar banyak hal, dan lebih tidak tergantung dengan Mommy atau anggota keluarga yang lain. Makanya, Mom, sangat penting menanamkan rasa berharga sejak dini untuk bekal kesuksesan si kecil di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar